Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Yang Asyik dan Menawan

Wisata Grojogan Sewu Karanganyar yang tepatnya berada di daerah Tawangmangu, merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan udara segar alami. Grojogan Sewu sendiri merupakan objek wisata air terjun yang letaknya ada di lereng gunung Lawu, Desa Sepanjang, Kecamatan Tamangwangu, Kabupaten Karanganyar 27 Km di sebelah timur Kota Karanganyar.

Ada Apa Di Tempat Wisata Grojongan Sewu Karanganyar?

Lahirnya istilah wisata Grojogan Sewu sebenarnya berasal dari kata dalam bahasa Jawa yang berarti air terjun seribu namun sebutan itu bukan berarti keseluruhan air terjun memiliki jumlah seribu namun dari titik sir terjun yang bisa kita nikmati. Istilah seribu juga bisa idkatakan bersumber dari seribu pecak atau satuan jarak yang digunakan pada masa lampau sebagai ungkapan tingginya air terjun Grojogan Sewu.

Satu pecak itu artinya satu telapak kaki orang dewasa, sehingga seribu pecak sama halnya seribu telapak kaki orang dewasa untuk ketinggiannya. Namun ternyata, tinggi dari air terjun ini sendiri yakni sekitar 80 meter  tetapi ada juga yang memiliki ketinggian biasa atau tidak terlalu tinggi. Dan jika musim hujan datang, keliling tebing-tebing tersebut dihujani air terjun sedangkan ketika musim kemarau tiba, banyak air terjun yang kering.

Karena dikelilingi oleh hutan, maka di sepanjang perjalanan kalian akan mendapatkan sambutan dari para monyet dan jika kalian tidak hati-hati,  bisa saja barang-barang kepunyaan kalian akan dirampas. Asyiknya, tempat wisata ini sudah dikelola dengan profesional sehingga berbagai fasilitas wisata bisa kalian dapatkan di tempat ini misalnya seperti kolam renang, warung, mushola dan fasilitas lain seperti hotel dan vila.

Air yang mengalir dari tempat ini kemudian jatuh mengaliri sungai dan membuat isata Tamangangu terbelah menjadi dua bagian. Agar keduanya bisa terhubung, maka dibuatlah sebuah jembatan tepat di depan Grojogan Sewu dan disinilah lokasi yang instagramebel yang menjadi sudut favorit bagi para pendatang.

Namun di balik segala keindahan dan keeksotisan yang ditawarkan dari tempat ini, ternyata terdapat mitos kental di balik itu semua.  Katanya, jika sepasang kekasi datang dan berjalan menyebrangi jembatan tersebut maka hubungan keduanya bisa putus. Tapi sebagai catatan, mitos yang berkembang di wisata Grojogan Sewu hanya berlaku bagi pasangan kekasih yang belum menikah, namun bagi yang sudah menikah mah, santai aja. Jadi kalian sepasang kekasih yang belum halal dan sempat datang ke tempat ini, hati-hati ya.